Dana | Am_Am | Arga

Laki-laki, 20 tahun

Malang, Indonesia

Terkadang pelajaran itu tidak didapat dari diri sendiri, namun dari pengalaman orang lain, sehingga kita dapat merenung pada diri sendiri untuk menjadi orang dewasa dan punya masa depan yang cerah seperti dirinya yang kita sayang.
::
Start
Ardboy Corporation
Shutdown

Navbar3

Search This Blog

Monday, 21 July 2014

How to find your life with the Limit of a Function in math. Find from now !

Temukan jati dirimu dengan limit fungsi dalam matematika :D


Hallo guys, udah lama nih baru bisa update tulisan lagi. Yah biasalah, sibuk ngurusin kerjaan nih buat biaya nikah, wkwk *seriusan loh ane -_-

Sekarang aku lagi nyoba rutin buat nulis nih, soalnya punya target untuk nyelesain novel dalam satu semester ini. Mumpung bulan ramadhan, aku bakalan lebih menghabiskan waktu soreku sambil nunggu buka puasa buat nulis.

Yap, kali ini aku mau nulis tentang matematika again, tentang matematika yang ada didalam diriku, tentang orang-orang yang belajar matematika, tentang apa manfaat matematika itu. Dan yang terpenting orang yang ngambil jurusan matematika tidak akan pernah menyesal, karena semua bidang ilmu membutuhkan matematika terutama kalkulus yang dipelajari di semua jurusan. *kata om ane nih, hehe

Itulah alasan ane ngambil jurusan ini. Prospeknya luas...

Sebelumnya maaf kalo ada salah kata, atau kata yang menyakitkan hati pembaca. Oke, selamat membaca J
.................

Lagu Best day of my life ciptaannya American Author aku pilih tuk menemaniku pagi ini.

Pagi ini aku bersih-bersih kamar, kebiasaan anak kos kalau lagi tak ada tugas untuk dikerjakan. Melihat kamar yang penuh debu dimana-mana membuatku tak nyaman untuk berada di kamar. Akupun mengambil kemoceng untuk membersihkan meja yang penuh butiran debu ini. Terlihat beberapa ekor semut hitam berbokong besar berbaris diatas meja lewat didepanku begitu saja. Lalu aku bertanya pada mereka,”what do you want?” (*tentunya aku berbicara dalam skala infrasonik dari 40 Hz sampai 60 Hz). Beberapa darinya melihatku, lalu menuju kearahku dengan membusungkan dada seperti mau menantangku. Sampai didepanku matanya menatap kearah wajahku sambil berkata, “kulit manggis sekarang ada ekstraknya loh”. *LOL, What the fvck about your story gaess....... kwokwokwok

Ok, sorry terbawa suasana mastin nih, haha

Next...

Selesai membersihkan meja, aku menuju lemariku untuk menata baju. Aku jarang sekali mencuci bajuku, hampir semua baju aku loundry. Sebenarnya aku tidak ingin  menggunakan uangku untuk loundry, walaupun faktor ekonomi tidak menjadi masalahku. Tetapi karena orangtua ingin aku mandiri dengan mencuci baju sendiri. Sambil menata baju aku menemukan jaket hitam yang sudah lama tak kusentuh. Dibalik jaket hitam bertuliskan integral ini banyak tersimpan cerita ketika aku masih menjadi seorang aktivis mahasiswa. aku terakhir memakainya adalah saat masih menjabat sebagai pengurus OMIK di Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika. Yah, aku berhenti memakainya di akhir semester 4 dan lebih menyibukkan diri di UKM Pecinta Alam. Sewaktu di semester 4, aku teringat selalu memakai jaket ini ketika memberikan bimbingan les privat pada seorang siswi SMA yang akan melaksanakan ujian nasional. Aku mengajar bimbel karena ingin seperti teman-teman yang mampu mandiri dengan tidak meminta minta lagi pada orang tua. #Cieee

Pada waktu itu aku inget betul sedang memberikan bimbingan materi tentang limit yang kudapat dari kuliah Kalkulus II yang waktu itu mata kuliahnya masih diajar oleh Bapak Abdul Aziz, M.Si. Aku suka kalo yang ngajar Bapak itu, kuliahnya bikin senam jantung. Wkwkwk. Tapi setidaknya berakhir dengan nilai yang sesuai dengan jerih payah kita, makanya ane seneng. Haha

Tapi kalo penjabaran tentang limit secara mendalam itu ada di mata kuliah Analisis Rill I dan II yang nantinya pembaca akan benar-benar mengerti betul konsep tentang limit.  Sebenernya di SMA juga pernah diajarin sih, tapi pada waktu kuliah inilah ane benar-benar mengerti akan apa itu Limit.

Bagi pembaca yang masih awam dengan pelajaran matematika yang satu ini, akan aku jelasin sedikit tentang limit. Kalau ada yang salah tolong dibenarkan ya nanti. Ini penjelasan limit kalau di bangku kuliah, yang tentunya sedikit lebih dalam penjabarannya

Ane akan mendefinisikan pengertian penting dari limit suatu fungsi. Pembaca akan memperoleh pengertian yang paralel dengan definisi limit suatu barisan. Gagasan secara intuisi dari suatu fungsi yang mempunyai limit L pada c adalah bahwa nilai f(x) sangat dekat dengan L untuk x yang sangat dekat dengan c. Akan tetapi kita perlu mempunyai teknik-teknik pengerjaan dengan gagasan dekat sekali, dan ini memerlukan penggunaan pengertian lingkungan dari suatu titik. Jadi pernyataan: fungsi  f mendekati L pada c berarti bahwa nilai f(x) akan terletak dalam sebarang lingkungan  yang diberikan dari L,  asalkan kita mengambil x dalam lingkungan dari c yang cukup kecil, dimana x c. Pemilihan δ akan bergantung pada ε yang diberikan.  Kita tidak ingin terpengaruh  dengan nilai dari  f(c)  pada  c, karena kita hanya ingin memandang “kecenderungan” ditentukan oleh nilai dari f pada titik- titik yang dekat sekali (tetapi berbeda dari) titik c.

Agar limit fungsi ini bermakna, maka diperlukan fungsi f yang terdefinisi pada sekitar titik c. Kita menekankan bahwa fungsi f tidak perlu terdefinisi pada titik c atau pada setiap titik sekitar c, akan tetapi cukup terdefinisi pada titik-titik yang dekat sekali dengan c untuk menjadikan pembahasan menjadi menarik. Udah mulai pusing to, hha. Aku aja yang nulis juga pusing. Oke deh langsung aja ke bentuk definisinya :

Jadi maknanya, “Untuk setiap epsilon lebih dari nol, ada delta lebih dari nol sedemikian hingga x anggota A, dimana c tidak sama dengan x sedemikian hingga harga mutlak f(x) dikurangi L kurang dari epsilon”. Itu yang dinamakan makna, bukan membaca simbol kata Bapak Wahyu H. Irawan, M.Pd dosen Analisis Rill 2 ane. Haha

Langsung aja kita ke contoh biar lebih paham



Jawab :

Adib : 

Bukti ::

Pilih
       Maka

Terbukti bahwa limit x menuju 2 dari fungsi diatas hasilnya 1. 

Jadi, sebenernya konsep yang ada di sekolah itu cuman rumus praktisnya doang, kita ga pernah di kasih tau asal muasal rumusnya kayak gimana limit itu. Makanya aku coba berbagi ilmu yang kudapat dari bangku kuliah. J *baik banget ga sih gue, kurang apa coba. haha

Udah paham belom? Masih kagak ngerti ya, ? duhh

Ntar deh kalo udah menempuh mata kuliah analisis rill pasti tau tentang ini, dipelajari saja dulu. J sekarang integrasinya limit sama kehidupan sehari-hari yang pernah aku dakwahin ke seorang ukhti... cekidot

..... Back to bimbingan privat ....

Jadii, Aku inget betul pernah menjelaskan fungsi limit ini pada siswi bimbinganku dulu,

“Ini tentang limit, definisi limit menuju nol itu sebenarnya apa?” Ia mengajukan pertanyaan sembari menatap kedua mataku.

“Limit? Arti praktisnya adalah ‘mendekati’ dengan sedekat-dekatnya. Untuk limit x menuju nol berarti nilai x adalah mendekati nilai nol. Kalau kita dekati dari sisi bilangan negative, ambil saja contoh ‘negatif 0,00001’ dan dari sisi bilangan positif ambil saja contoh 0,00001.”

“Mm, berarti derajat kedekatan antara dua orang yang saling menyukai ada limitnya dong? Kalau limit-nya menuju nol berarti mereka sudah sangat dekat, iya, kan?”

          “kalau cara pandangnya seperti itu, ya bisa saja. Bagi dua orang yang sudah menikah, sudah tidak ada limit menuju nol lagi diantara mereka, nilai x sudah sama dengan nol. Tetapi untuk dua orang yang belum menikah, seperti Aliya dengan seorang lelaki yang Aliya suka misalnya, yang belum tentu nantinya menjadi suami Aliya, maka angka itu sangat besar,” Demikian aku menjawab.

          Aku nggak tau kenapa dia punya cara pandang seperti itu yang mau ga mau aku harus menjawab dengan pikiran orang dewasa, ciee padahal masih 19 tahun tuh. haha

Aku teringat itu lagi karena fikiran ini sedang mengalaminya sekarang, merasa angka-angka itu semakin besar kalau kita tidak segera menjalin tali kasih. *maklum udah waktunya berfikir dewasa sekarang,. J 

Dan alhamdulillah akhirnya siswi yang aku bimbing itu lulus dengan nilai yang memuaskan. Aku merasa bangga dapat membantunya walaupun hanya sedikit yang kuberikan.

Sekarang apa kabar dia? Nggak tau sudah dia dimana, nggak pernah contact dia lagi soalnya. Yaah, semoga dia sukses selalu lah. Amin J

Next... Jacket

Jaket ini selalu menjadi kenangan perjuanganku selama menjadi mahasiswa matematika. Sejak tahun 2012 aku sudah dijadikan sekretaris HMJ sama ketum HMJ. Makanya dalam kepanitiaan aku selalu jadi orang penting, hha *mulai sombong nih :P

Mulai dari Kompetisi Matematika jadi CO SC, dari SIGMA jadi SC juga, RAKER HMJ, Buka Bersama Maba, Study Banding ke UIN Yogja pun jadi moderator yang mewakili HMJ. Kenangan tersendiri dah pokoknya.

Tetapi ada sisi lain juga yang ga aku suka dari kegiatan HMJ, kayak waktu SIGMA. Aku selaku SC mau tak mau harus buat konsep yang mempressing mahasiswa baru. Dan hasilnya??? Tanya aja tuh mahasiswa angkatan 2012. Haha. Belum selesai bertanya pasti udah berubah 180 derajat tuh wajahnya. Kayak emoticon ini nih “ L “. Coba deh kita flashback bentar kayak gimana sih konsepnya, bikin penasaran yah, haha

Sebenernya konsepnya simpel, cuman kalo dipraktekin bikin 120 maba meletuskan api lava gunung semeru. Wkwk :P .... Banyangin aja deh, baru ospek kampus sama ospek fakultas langsung disambut ospek jurusan yang waktunya hampir sebulan.

Ospeknya ane bagi dalam 2 sesi, ospek ruangan sama ospek lapangan. Yang ruangan cuman dengerin pemateri trus ngresume materi. Selanjutnya tiap hari bawa tugas aneh-aneh yang panitia aja belum tentu tau maksud dari tugasnya. Soalnya kita ga ngasih tau langsung maksud tugasnya. Bayangin aja, kita pake kata kata paling puitis yang ngebuat mereka berfikir 7 kali. *wkwk, emang mau naik haji keliling 7 kali.
Belum lagi disuruh minta tanda tangan, ke semua angkatan yang ada dijurusan matematika. Kasihan sekali yah mereka :P

Selanjutnya ospek lapangan, yang ga mungkin aku critain ke publik. Soalnya rahasia tiap SC itu, haha

Tapi yang jelas, cuman berlangsung 2 hari kok. Dan isinyapun cuman ngebuat stress, sakit-sakitan, trauma, dan gangguan mental lainnya yang ga bakal dilupain seumur hidup. Wkwkwk

          Tapi kalo mereka tahu sisi positifnya itu bagus banget loh, ngebuat mereka jadi lebih berani hadapin dosen, terbiasa dengan tugas banyak, lebih mengenal apa itu matematika dan banyak lagi. J  Tanpa mereka sadari sifat sifat nyaman mereka di SMA akan terhapus sebanding dengan masa transisi menjadi mahasiswa.

Sampai sekarang aku masih ngrasa bersalah, karna udah menyengsarakan mereka. Jadi, atas nama diri pribadi minta maaf sebesar besarnya pada mahasiswa matematika angkatan 2012. J Maapin kakak eaaa, hehehe

............

Yah, namanya hidup pasti ada dua sisi lah, entah itu baik dan entah itu buruk. J

Selanjutnya ngomongin angkatanku selaku panitia, kali ini kepanitiaan kompetisi matematika. Kalian tau, berbulan-bulan kita mempersiapkannya. Yang ga cuman menguras tenaga dan fikiran, tapi juga qolbu dan iman. *so sweet ga sih

Kita berbondong bondong mencoba untuk menyatukan angkatan juga melalui acara yang dibilang paling besar di HMJ Matematika ini. Yang tadinya saling bermusuhan sekarang menjadi jalinan silaturahmi yang erat kebersamaannya. J

Dan, alhamdulillah berkat kegigihan angkatan kita yang udah bekerja sama bahu membahu, sukses menjadikan Kompetisi Matematika ini bergengsi di kalangan siswa SMA. Dari kejadian itulah aku mulai sangat respect sama saudara seperjuanganku. Tak ingin rasanya mengecewakan mereka, *hemmb J

Akhirnya, jaket HMJ Matematika ini tergantikan dengan PDH Abelian yang sering ane pake sekarang, walaupun kata tmen” cwo kalo pake PDH itu bikin malu karna bentuknya yang cucok deh boo. Hahaha

Yahh, intinya...

Tak kan kulupa karakter temen temen yang berwarna warni ini.

Mulai dari si Memed yang udah sejak lama memendam perasaannya ke mbak ummu, ciee. Apa kabar ummu sekarang med, haha.....Trus ada Rozikin yang kita sekelas selalu bingung dengan apa yang tiap kali dia mau omongin. Ada Atus, venny dan novita yang tiap kali jalan sama mereka bikin ketawa mulu. Trus ada si Yanto yang semangat hidupnya tinggi walaupun tiap hari mengeluhkan hidupnya. Haha

Trus ada Sisca yang sekarang masa ampun, photo session mulu dia. Trus ada si Lia yang ngomongnya nyampe sekarang masih kayak orang ketinggalan pesawat, cepet amat kalo ngomong. Hha Piss

Ada si Eris dan Intan yang waktu semester 1 kita sering jalan bareng. Ada pula Anggi sama khoir yang kayaknya mereka berdua kagak bisa lepas persahatannya tuh. Ada si Dia yg harusnya berterima kasih sama ane, karna sudah in a relationship sama si itu tuh. Selamat yah, Haha

 Trus ada Handrini, Ummu dan Sofi, masih inget banget dulu smester 1 kita sering belajar bareng juga. Ciee belajar. Haha... dan banyak deh personil dari kelas A yang ga bisa ane sebutin satu persatu. Bukan lupa, tapi ntar deh ane liat absennya dulu. Wkwk *Padahal yang jadi ketua kelas A kan ane tuh. Duhh sorry ya. Kelas A yang terbaik dah pokoknya . ;D

Sekarang pindah ke kelas B,  ada si Irfan yang selalu jadi dewa penolong kita kalo lagi kesulitan ngerjain tugas, tapi ga tau kenapa sekarang dia jadi tukang gossip ya. Tiap kali ketemu dia pasti gosipin ane, dan langsung nyebar tuh satu angkatan. *Duhh

Trus ada si Arif yang paling ane ingat adalah kepolosannya, haha pantes bu Leni nunjuk dia jadi ketua kelas. Hehe damai rif, dan ane respect ke dia karna pinter banget kalo masalah pemrogaman. Trus Ada si Jadit, wah ini anak berjasa banget bagi ane. Sejak di organisasi dia udah banyak berjasa buat ane, salut ane, respect for you

Trus ada si Sasi ketua HMJ ane tuh, haha... banyak banget dah kalo ngomongin sasi. Intinya dia itu orang yang selalu buat angkatan kita kompak. Ga rugi dia jadi ketua HMJ. Trus ada faiq yang kata temen temen udah tunangan nih, ciee

Trus ada Wahyuni yang sekarang jadi anaknya pak usman tuh kayaknya, ada si Enha yang bisa dibilang paling narsis pkoknya, ada si Zaki yang kata tmen” cwo cuek, pdahal kalo udah akrab anaknya asik loh. Trus ada si Lili yang sekarang udah in a relationship sama si Jamal. Ciee di tunggu traktirannya :D

Ada si Aswin yang kata temen-temen susah banget nyambungnya kalo ngomong sama tu anak. Haha

Ada si Agus yang ga nyangka nyampe sekarang masih betah aja sama si Feni. Padahal kalo dibelakang feni lirik lirik tuh. Wkwk... trus ada si ucup yang tiap ketemu cwek pasti pikirannya udah kemana mana, pantas saja cwe pada ilfeel sama lu, wkwk

Ada si radhit yang lebih milih baca novel daripada pacaran katanya. Trus ada si Rifqi yang jadi pemecah rekor karna orang yang paling sering ga masuk kelas. wkwk

Dan semua anak B yang lain, maaf ga sempet nyebutin satu satu ya J

Lanjut ke kelas C, ada si Afif yang sekarang jadi ustadz ane tuh, selalu menunjukkan bagaimana jadi Ikhwan yang baik J. Trus ada si Umam yang nyampe sekarang katanya masih mendem perasaan sama si Z..., hehe piss gaess

Ada Eny yang selalu dengerin curhatan ane kalo lagi gembira maupun sedih. Makasih banyak loh en. Smoga kau nanti dapet jodoh yang kau inginkan, Amin J Ada si Dipong yang sampai sekarang temen temen belum tau jati dirinya itu sebenernya cwek ato cwok, haha

Trus si Jazuli dan jamal. Mereka berdua kagak pernah pisah pkoknya. Kemana mana berdua mulu. Kasian kan mal, si lili ntu. Haha  ...  ada si Roni yang selalu takut sama dosen, haha nyampe sekarang masih saja sama

 Trus ada Alfu, Winda dan Fafika yang udah cukup banyak bantu ane selama semester ini.

 Trus ada hasbi yang pendiem. Ada si Firman yang selalu jadi partner ane dalam Job. Dan ada beberapa anak kelas C yang tak bisa di sebut smuanya.

Yah, ga terasa sekarang kita udah semester 7. Angka yang dapat menyebut kita sebagai angkatan tua. Dan tahun depan belum tentu kita bisa bersama lagi. Karena wisuda akan memisahkan kita. Mau tak mau perpisahan pasti akan terjadi............

Pokoknya terima kasih dah saudaraku seperjuangan. Kalian udah mewarnai hari hariku di matematika. Walaupun kalian masih berkelompok kelompok tapi kalian selalu menaruhku di tengah kelompok kalian. Karna itulah akhirnya aku mengenal karakter kalian masing masing. Terima kasih juga buat temen temen yang udah mau aku ajak jalan-jalan, buka bersama, jenguk orang yang aku sayang, jagain orang yang ane sayang, eaaa. Trus mengeksplore tempat baru yang belum kita tau. Dan memberikanku pengertian apa matematika sebenarnya.

Kali ini maaf cuman bisa memberi sedikit cerita tentang kalian, suatu saat nama kalian akan masuk kedalam novelku. Di tunggu saja

Now//

Terima kasih ya akhi wa ukhti atas doanya untuk masa depanku J

Terima kasih juga telah mendoakan azam’ku yang hanya Allah dan aku yang tau J

Dan terima kasih juga sudah mau berbagi suka duka, semoga kelak masih dapat terjalin tali persaudaraan kita. Aminn  J

Tak tahu akan jadi apa aku tanpa kalian. Semoga kita bisa lulus bersama tepat waktu. Dan Semoga kelak kita dapat berkumpul kembali untuk saling membagi cerita kita.

Dimanapun aku berada nanti. Aku janji, akan aku siapkan waktu untuk saat-saat kita bertemu kembali membawa suami/istri dan anak” kita agar dapat bercanda tawa dalam suka dan duka lagi. Trust me J

Hiks

*jadi galau nih


Dont be sad ya, Tataplah masa depanmu secerah sinar mentari. Kita semua pasti bersama kembali. J J J 

Kali ini lagu Good bye-nya Air Supply terdengar, ane gnti dah sama QS Ali Imran :112 biar lebih merasuk isinya tentang tali persaudaraan. Haha

Ok, mohon maaf ya kalo acak acakan tulisannya, soalnya tim koreksi dan auditor ane lagi pada pulang kampung. J

Selamat lebaran. Selamat berlibur temen temen, mohon maaf lahir dan batin ya

Minal aidzin wal faidzin J
........


0 comments: